Komponen-Komponen Komputer 
Rancangan arsitektur Von Nouman didasarkan pada 3 konsep utama yaitu diantaranya :
| 
- | 
Data dan instruksi-instruksi
  disimpan di memori baca tulis tunggal | 
| 
- | 
Memori dapat dialamati dengan
  lokasi, tidak tergantung ada jenis data yang berada didalamnya | 
| 
- | 
Eksekusi terjadi dengan cara
  sekuensial dari instruksi yang satu ke instruksi berikutnya. | 
Fungsi Komputer
| 
- | 
Fungsi dasarnya dari komputer
  adalah mengeksekusi program. | |
| 
- | 
CPU melakukan tugas ini dengan
  cara mengeksekusi suatu program yang ada. | |
| 
- | 
Proses eksekusi program pda CPU
  ini adalah dengan cara mengambil pengolahan instruksi yang terdiri dari dua
  langkah diantaranya : | |
| 
1. | 
Instruksi baca (fetch) CPU dari
  memori | |
| 
2. | 
CPU mengeksekusi setiap instruksi | |
| 
- | 
Eksekusi program, yang terdiri
  dari : | |
| 
• | 
Proses pengulangan fetch | |
| 
• | 
Eksekusi instruksi | |
| 
- | 
Eksekusi sebuah instruksi terdiri
  dari sejumlah langkah. Pada tahap ini pengolahan instruksi dibagi menjadi dua
  tahap, yaitu : | |
| 
1. | 
Fetch | |
| 
2. | 
Eksekusi. | |
Fetch instruksi adalah operasi umum bagi setiap instruksi dan terdiri dari
pembacaan instruksi dari suatu lokasi di dalam memori. Sedangkan Eksekusi
instruksi dapat melibatkan sejumlah operasi dan tergantung dari sifat-sifat
instruksi.

M(X) = isi lokasi memori yang alamatnya X
(X:Y) = bit X sampai dengan Y
Gambar1. Flowchart eksekusi instruksi yang dilakukan oleh Control Unit
Pada dasarnya, eksekusi program akan
terhenti apabila terjadi 3 kemungkinan diantaranya :
| 
1. | 
Mesin dimatikan | 
| 
2. | 
Terjadi kesalahan | 
| 
3. | 
Terdapat instruksi program yang
  mengentikan komputer | 
Siklus-siklus Fetch dan Eksekusi 
Awal siklus instruksi
Awal siklus instruksi
| 
- | 
CPU membawa instruksi dari memori | 
| 
- | 
PC (Program Counter) dipakai untuk
  mengawasi instruksi yang akan dibaca selanjutnya. | 
| 
- | 
CPU selalu menambahkan PC setiap
  kali membaca instruksi | 
| 
- | 
Instruksi yang dibaca dimuat ke
  dalam register di dalam CPU yaitu IR (Instruction Register) | 
CPU melakukan 4 kegiatan yaitu
diantaranya :
| 
1. | 
CPU – Memori : Data dapat
  dipindahkan dari CPU ke memori atau dari memori ke CPU | 
| 
2. | 
CPU – I/O : Data dapat dipindahkan
  ke atau dari dunia luar dengan pemindahan antara CPU dan modul I/O | 
| 
3. | 
Pengolahan Data : CPU dapat
  membentuk sejumlah operasi aritmatik atau logic terhadap data | 
| 
4. | 
Control : Sebuah instruksi dapat
  mengubah urutan eksekusi | 
Diperlukan 3 buah instruksi (Fetch
dan Eksekusi)
| 
1. | 
PC berisi 300 (alamat instruksi
  pertama) | 
| 
Alamat ini dimuat ke dalam IR
  (melibatkan MAR dan MBR) | |
| 
2. | 
4 bit pertama IR mengindikasikan
  AC akan dimuat | 
| 
12 bit sisanya menentukan alamat,
  yaitu 940 | |
| 
3. | 
PC dinaikkan nilainya dan
  instruksi berikutnya akan diambil | 
| 
4. | 
Isi AC lama dan isi lokasi 941
  ditambahkan | 
| 
Hasilnya disimpan di dalam AC | |
| 
5. | 
PC dinaikkan nilainya, dan
  instruksi berikutnya akan diambil | 
| 
6. | 
Isi AC akan disimpan pada lokasi
  941 | 
Instruksi PDP-11 yang diungkapkan
secara simbolik sebagai ADD B, A menyimpan jumlah isi lokasi memori B dan A ke
dalam lokasi memori A. Terjadi suatu siklus instruksi tunggal dengan
langkah-langkah sebagai berikut :
| 
1. | 
Mengambil (fetch) instruksi ADD | 
| 
2. | 
Membaca isi lokasi memori A ke
  dalam CPU | 
| 
3. | 
Membaca isi lokasi memori B ke
  dalam CPU | 
| 
Agar isi A tidak hilang, CPU harus
  memiliki sedikitnya dua buah register untuk menyimpan nilai-nilai memori. | |
| 
4. | 
Menambahkan kedua nilai itu | 
| 
5. | 
Menuliskan hasilnya dari CPU ke
  lokasi memori A | 
 

 




0 komentar
Posting Komentar